Pada Rabu (07/06/2023), Program Studi Diploma 3 (D3) Agribisnis mengadakan kegiatan pendampingan penyusunan kurikulum berbasis outcome based education (OBE). Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Bapak R. Kunto Adi, S.P., M.P. Kegiatan pendampingan penyusunan kurikulum ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Sakhidin, M.P., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peninjauan kurikulum untuk semua program studi di Fakultas Pertanian Unsoed. Pasca kegiatan ini akan dilanjutkan dengan finalisasi kurikulum di tingkat fakultas.
Bertindak selaku moderator dalam acara ini adalah Ibu Indah Widyarini, S.P., M.Sc. Sebagai bentuk benchmarking terhadap kurikulum di program studi D3 Agribisnis UNS, dalam pemaparannya Bapak Kunto Adi menyampaikan bahwa kurikulum di D3 Agribisnis UNS tidak membedakan antara kurikulum reguler dan MBKM. Magang industri yang menjadi kewajiban mahasiswa D3 Agribisnis di semester 5 menjadi implementasi kurikulum MBKM. Industri yang menjadi lokasi magang mahasiswa harus menjalin kerjasama terlebih dahulu dengan pihak perguruan tinggi. Oleh karen itu, pelaksanaan magang industri, baik yang menggunakan pendekatan case method atau team based project, dapat menjadi kegiatan pencapaian beberapa IKU.
Dalam penyusunan kurikulum, salah satu aspek yang penting untuk ditentukan adalah profil lulusan. Penentuan profil lulusan ini dapat mengacu pada hasil tracer study dan berpatokan pada peta okupasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Penentuan profil lulusan ini akan diturunkan dalam bentuk mata kuliah yang ditawarkan untuk setiap semesternya. Komponen dan substansi mata kuliah yang ditawarkan diarahkan untuk menunjang profil lulusan yang telah ditetapkan.
Selanjutnya, untuk Program Studi di Sekolah Vokasi UNS mewajibkan uji kompetensi bagi mahasiswa D3 di semester 6. Bahkan hal ini sudah menjadi kewajiban yang dilegalkan dalam bentuk Surat Keputusan Rektor UNS. UNS memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memfasilitasi uji kompetensi bagi mahasiswa diploma di UNS secara cuma-cuma. Selain itu, program studi juga mengalokasikan anggaran bagi mahasiswa terplih untuk mengikuti uji kompetensi lain yang diselenggarakan oleh LSP non UNS. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan sekolah vokasi UNS. Berbagai situasi dan trategi tersebut menuntut program studi untuk rekonsntruksi RPS bagi setiap mata kuliah.
Program studi diploma yang lebih menekankan pada penguasaan keahlian terapan tertentu, membutuhkan pengembangan kurikulum yang berbeda. Mengacu pada Taksonomi Bloom, pengetahun yang diarahkan untuk lulusan diploma 3 adalah konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan secara mendalan. Sedangkan kemampuan kerja yang ditekankan adalah kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas. Oleh karena itu, komponen praktikum harus lebih besar dibandingkan dengan teori. Selain itu, visi yang ditetapkan oleh program studi seharusnya memiliki karakter yang khas, disesuaikan dengan target program studi. Visi program studi harus mampu mengidentifikasi value yang menjadi keunggulan atau kelebihan program studi. Visi ini harus dimasukkan dalam muatan pengetahuan dan keterampilan khusus program studi. Konsekuensi logis dari visi yang ditetapkan adalah harus diikuti dengan kesiapan, baik secara infrastruktur fisik maupun non fisik.
Di Program Studi D3 Agribisnis UNS, teori (kuliah) dilakukan sampai dengan semester 5. Sebelum melakukan magang industri, mahasiswa diberikan pembekalan terkait materi mata kuliah yang akan dipraktikkan melalui magang industri. Total pertemuan pembekalan yang diberikan setara dengan 16 pertemuan di semester 5. Sisa pertemuan dari pembekalan dilakukan dalam bentuk pemantauan pelaksanaan magang industri yang dilakukan setiap pekan. Kegiatan pendampingan penyusunan kurikulum dan penyampaian materi serta best practices yang disampaikan oleh Bapak Kunto Adi diharapkan dapat menjadi masukan serta lesson learned bagi penyusunan kurikulum program studi D3 Agribisnis UNSOED berbasis OBE, sehingga dapat memperbaiki kualitas kurikulum dan meningkatkan kualitas lulusan sehingga dapat terserap di pasar tenaga kerja dan industri.